Minggu, 28 Oktober 2012

Metode Riset BAB III


BAB III

PEMBAHASAN

3.1 Data dan Profil Objek Penelitian

3.1.1 Objek Penelitian

Penulisan ilmiah ini disusun dengan acuan metode diantaranya adalah :
Objek Utama penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Gunadarma yang berada di Depok. Dalam penulisan ilmiah ini data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalu media perantara) selain itu juga menggunakan Data kuisioner, yaitu merupakan data yang didapat dari kuisioner yang disebar pada para Mahasiswa Universitas Gunadarma Depok yang menggunakan handphone blackberry.

3.2 Metode Pengumpulan Data
Ada beberapa metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data serta informasi yang dibutuhkan dalam penulisan ilmiah ini antara lain :

1.       Dengan kuisioner , yaitu dengan cara menyusun beberapa pertanyaan kemudian diisi sesuai dengan harapan para responden.

2.       Study lapangan sebagai data primer yaitu dengan mangajukan pertanyaan langsung kepada mahasiswa tanpa perantara.

3.       Study pustaka yaitu penulis mengumpulkan data dari kumpulan catatan penulis serta buku-buku yang berkaitan dengan pemasaran dan penelitian ini.

3.3   Alat Analisis yang digunakan

Penulis mengolah data dalam penulisan ilmiah ini melakukan analisa sebagai berikut:

1.       Analisis Kualitatif
Metode yang digunakan yaitu uji validitas dan reablitas, uji validitas digunakan untuk menunjukan sejauh mana alat ukur dapat mengungkapkan data sesuai dengan masalah yang hendak diungkapkan sedangkau uji reabilitas untuk menguji konsistensi data.

2.       Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats terlibat dalam suatu proyek atau dalam bisnis usaha. Hal ini melibatkan penentuan tujuan usaha bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang baik dan menguntungkan untuk mencapai tujuan itu.
Teori Analisis SWOT adalah sebuah teori yang digunakan untuk merencanakan sesuatu hal yang dilakukan dengan SWOT. SWOT adalah sebuah singkatan dari S adalah Strenght atau Kekuatan, W adalah Weakness atau Kelemahan, O adalah Oppurtunity atau Kesempatan, dan T adalah Threat atau Ancaman. Menurut Freddy Rangkuti (2005), SWOT adalah identitas berbagai faktor secara sistematis untuk merumusakan strategi pelayanan. Analisis ini berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan peluang namun secara bersamaan dapat meminimalkan kekurangan dan ancaman. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal dan faktor internal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar