BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Data dan Profil Objek Penelitian
3.1.1 Objek
Penelitian
Penulisan
ilmiah ini disusun dengan acuan metode diantaranya adalah :
Objek Utama
penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Gunadarma yang berada di Depok. Dalam
penulisan ilmiah ini data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan
data sekunder. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh
secara langsung dari sumber asli (tidak melalu media perantara) selain itu juga
menggunakan Data kuisioner, yaitu merupakan data yang didapat dari kuisioner
yang disebar pada para Mahasiswa Universitas Gunadarma Depok yang menggunakan handphone
blackberry.
3.2 Metode Pengumpulan Data
Ada
beberapa metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data serta informasi
yang dibutuhkan dalam penulisan ilmiah ini antara lain :
1. Dengan kuisioner , yaitu dengan cara menyusun beberapa pertanyaan
kemudian diisi sesuai dengan harapan para responden.
2. Study lapangan sebagai data primer yaitu dengan mangajukan pertanyaan
langsung kepada mahasiswa tanpa perantara.
3. Study pustaka yaitu penulis mengumpulkan data dari kumpulan catatan
penulis serta buku-buku yang berkaitan dengan pemasaran dan penelitian ini.
3.3 Alat Analisis yang digunakan
Penulis
mengolah data dalam penulisan ilmiah ini melakukan analisa sebagai berikut:
1. Analisis Kualitatif
Metode yang
digunakan yaitu uji validitas dan reablitas, uji validitas digunakan untuk
menunjukan sejauh mana alat ukur dapat mengungkapkan data sesuai dengan masalah
yang hendak diungkapkan sedangkau uji reabilitas untuk menguji konsistensi
data.
2.
Analisis SWOT
Analisis
SWOT adalah sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk
mengevaluasi Strengths,
Weakness, Opportunities, dan Threats terlibat dalam suatu proyek atau dalam bisnis
usaha. Hal ini melibatkan penentuan tujuan usaha bisnis atau proyek dan
mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang baik dan
menguntungkan untuk mencapai tujuan itu.Teori Analisis SWOT adalah sebuah teori yang digunakan untuk merencanakan sesuatu hal yang dilakukan dengan SWOT. SWOT adalah sebuah singkatan dari S adalah Strenght atau Kekuatan, W adalah Weakness atau Kelemahan, O adalah Oppurtunity atau Kesempatan, dan T adalah Threat atau Ancaman. Menurut Freddy Rangkuti (2005), SWOT adalah identitas berbagai faktor secara sistematis untuk merumusakan strategi pelayanan. Analisis ini berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan peluang namun secara bersamaan dapat meminimalkan kekurangan dan ancaman. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal dan faktor internal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar