Minggu, 21 Oktober 2012

Analisis beberapa jurnal mengenai Laporan Keuangan Perusahaan Telekomunikasi dan pangsa pasar yang ada di Indonesia.

Analisis Jurnal I
Analisis Laporan Keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) 2012
Latar Belakang
Kinerja keuangan dan operasi PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) sepanjang Semester I-2012 menunjukkan kemampuan perusahaan untuk terus bertumbuh kendati kondisi persaingan antaroperator di lingkungan industri telekomunikasi di tanah air semakin ketat. Pada Semester I-2012, pendapatan tumbuh sebesar 6,8% atau Rp 36,7 triliun. Kenaikan tersebut antara lain disumbang oleh pertumbuhan pendapatan anak perusahaan bidang seluler sebesar 9,5% atau Rp 25,4 triliun.
Pertumbuhan operasi ditunjukkan oleh meningkatnya secara signifikan jumlah pelanggan dan user layanan pita lebar (baik fixed maupun mobile), yaitu Speedy, Flash dan BlackBerry. Pertumbuhan pelanggan Speedy pada triwulan II-2012 dibandingkan triwulan I-2012 mencapai 3,9% sehingga total pelanggan Speedy mencapai 2 juta. Sementara pelanggan Flash tumbuh lebih kencang lagi menjadi 5,8 juta pelanggan atau tumbuh 10,8%. Pelanggan BlackBerry seperti sudah diprediksi sebelumnya tumbuh 21,1%. Total pelanggan BlackBerry saat ini mencapai 4,1 juta. Melihat kecenderungan layanan data yang terus meningkat, pendapatan yang akan diperoleh dari layanan pita lebar ini pada waktu-waktu yang akan datang diharapkan akan terus meningkat.
Untuk layanan telepon tetap (wireline & wireless) dan selular, Telkom masih menempati posisi sebagai market leader dengan jumlah pelanggan masing-masing mencapai 25 juta (tumbuh 5,0%) dan 117,2 juta (tumbuh 6,7%) sehingga total pelanggan telepon Telkom mencapai 142,2 juta pelanggan. Dari total pelanggan telepon tetap sebesar 25 juta tersebut, di antaranya terdapat pelanggan Flexi yang mencapai 16,2 juta pelanggan. Pada triwulan II-2012 ini pelanggan Flexi tumbuh cukup berarti yakni sebesar 7,4% dibandingkan triwulan I-2012.

Rumusan Masalah
Perusahaan menghendaki keuntungan yang memadai dan berkelanjutan agar dapat bersaing dan menghadilkan kinerja terbaik. Perusahaan juga menginginkan agar tetap menjadi market leader dalam setiap anak perusahaannya. Dari masalah tersebut muncul beberapa pertanyaan penelitian:
1.      Apa usaha yang harus perusahaan lakukan agar tetap menjadi market leader?
2.      Apa yang dilakukan persahaan untuk menanmbah profit perusahaan?
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profit pendapatan tahun sebelumnya dengan tahun penelitian ini dibuat, sehingga dapat menjadi perbandingan untuk tetap bertahan dengan market leadernya.
Analisis Jurnal II
Analisa Ratio Laporan Keuangan PT XL Axiata Tbk
Latar Belakang
Setiap perusahaan atau entrepreneur memiliki kewajiban untuk mmbuat laporan keuangan. Laporan keuangan dipergunakan untuk mengetahui seberapa sehatkah perusahaan tersebut. Laporan  terdiri dari beberapa ketentuan, seperti, neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan euitas, dll
Dalam kasus ini, dapat diamati, laporan keuangan yang telah dimiliki oleh perusahaan yang sudah go publick atau  perusahaan terbuka, dimana perusahaan ini menjual sahamnya kepada masyarakat umum sehingga diwajibkan bagi perusahaan ini untuk menerbitkan laporan tahunan yang didalamnya juga terdapat laporan keuangan tahunan. Dari laporan yang terlampir, menunjukan profit dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, neraca yg terdata tahun 2009 berada pada titik IDR 2,007,289,00 dan mengalami peningkatan tahun 2010 mejadi IDR 2,228,017,00. Laporan keuangan lainnya juga terus mengalami peningkatan.
Rumusan Masalah
Kalau dilihat dari judul penelitian, maka dapatlah diidentifikasi permasalahan sebagai berikut :
1.      Bagaimana cara yang harus dilakukan agar kinerja perusahaan menjadi lebih baik?
2.      Apa pengaruh tekhnologi terhadap bisnis komunikasi?
3.      Apa yang dilakukan perusahaan yang sudah go public untuk meyakinkan masyarakat agar membeli sahamnya tersebut?
Tujuan Penelitian
Tujuan dari artikel ini adalah melakukan analisis ratio pada perusahaan XL Axiata. Analisis ratio dapat digunakan untuk membandingkan kinerja perusahaan XL Axiata dibandingkan dengan perusahaan sejenis misalkan Telkomsel, Indosat dengan membandingkan ratio XL Axiata dengan rata-rata industri. Tetapi analisis ratio bukanlah tanpa celah hal ini dikarenakan tidak semua perusahaan telekomunikasi seluler sudah go public dan juga perbedaan sumber pemasukan bagi perusahaan-perusahaan seluler tersebut (contoh : Indosat juga merambah industri satelit dan IT tetapi tidak dengan perusahaan lainnya).
Analisis Jurnal III
Android Berjaya di Asia Tenggara, Indonesia Pasar Paling Potensial
Latar belakang
Android telah mendorong Samsung ke posisi puncak dari penjualan smartphone secara global dan sistem operasi tersebut juga telah berkembang dengan baik di Asia Tenggara, di mana saat ini terhitung setengah dari seluruh penjualan smartphone. Hal ini diungkapkan oleh GfK Asia, Seraphina Wee.Didukung oleh beragam perangkat, platform milik Google ini memiliki penjualan smartphone sebesar 49% selama kuartal pertama 2012, naik dari 15% pada Q1 tahun 2011 yang lalu. Peningkatan ini menunjukkan bahwa smartphone memiliki prosentase sebanyak 25,4% dari semua penjualan mobile, naik 4,9% dari tahun ke tahun Dari semua negara dalam region tersebut, Indonesia menunjukkan pertumbuhan penjualan yang paling tinggi dan potensial, seperti yang diungkapkan oleh GfK.
Rumusan Masalah
Dari data yang ada di atas, dapat diidentifikasikan permasalahan sebagai berikut:
1.      Solusi apa yang akan dilakukan apabila pasar di Indonesia sudah tidak lagi mengalami peningkatan penjualan setiap tahunnya?
2.      Apa yang membuat android merasa yakin dengan pangsa pasar yang ada di Indonesia?
Tujuan Penelitian
1.      Karna Indonesia, yang memiliki sales penetration rate 62% dan penjualan melebihi $1,4 miliar pada kuartal terakhir membuat androit menjadikan Indonesia sebagai Negara pangsa pasar paling potensial.
2.      Karena pertumbuhan terbilang cukup stabil, namun tetap mengesankan dan bervariasi di tujuh pasar regional yang dimonitor oleh GfK. Perusahaan tidak mengungapkan per market, tapi masing-masing dari 7 negara yang dimonitor menunjukkan bahwa penjualan smartphone meningkat diantara 40-400%, tahun ke tahun.


Tema : PANGSA PASAR PENJUALAN SMARPHONE DI INDONESIA YANG AMAT BERPENGARUH TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI
Kata kunci: Pangsa pasar, Smartphone,Laporan Keuangan.
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Indonesia saat ini, tengah menjadi Negara yang memiliki profit penjualan yang tinggi dalam hal menjual smartphone. Hal itu membuat Negara Indonesia menjadi Pangsa pasar yang baik. Pangsa pasar ialah bagian dari keseluruhan permintaan suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen menurut ciri khasnya, seperti tingkat pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan status sosial. Setiap cirikhas itu memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap penjualan smartphone, smartphone sendiri merupakan sebuah device yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi (seperti nelp atau sms) juga di dalamnya terdapat fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan berkemampuan seperti layaknya komputer. Menurut data yang ada pada laporan keuangan PT Telekomunikasi (Telkom) Pertumbuhan operasi ditunjukkan oleh meningkatnya secara signifikan jumlah pelanggan dan user layanan pita lebar (baik fixed maupun mobile), yaitu Speedy, Flash dan BlackBerry serta android. Setiap perusahaan atau entrepreneur memiliki kewajiban untuk mmbuat laporan keuangan. Laporan keuangan dipergunakan untuk mengetahui seberapa sehatkah perusahaan tersebut.  Walau Indonesia telah menjadi market leader, bukan berarti Indonesia bisa terbebas dalam hal menciptakan produk baru, sebab pangsa pasar penjualan smartphone di Indonesia berpengaruh terhadap telekomunikasi.
Rumusan Masalah:
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan dalam penelitian ini sebagai berikut :
1.      Pangsa pasar apa yang sangat berpengaruh besar terhadap laporan keuangan telekomunikasi?
2.      Solusi apa yang dapat digunakan agar Indonesia tetap menjadi market leader dengan pangsa pasar yang baik?
3.      Factor apa saja yang dapat meningkatkan angka pendapatan dalam laporan telekomunikasi?

Tujuan Penelitian:
Penulisan ini bertujuan mencari solusi yang baik agar tetap menjadikan Indonesia sebagai market leader dengan pangsa pasar yang baik, dan tetap mempertahankan profit penjualan yang tinggi terhadap penjualan smartphone.
Daftar Pustaka:
http://indonesiabelajar.blogspot.com/2012/02/analisa-ratio-laporan-keuangan-pt-xl.html
http://android.gopego.com/2012/04/android-berjaya-di-asia-tenggara-indonesia-pasar-paling-potensial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar