Jumat, 12 Oktober 2012

Analisis Jurnal UKM 2


Judul : Peran Pembinaan Manajemen Usaha Terhadap Kemajuan Bisnis UKM

(Studi kasus Mitra binaan PT. Jasa Marga Persero)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari perlakuan (pembinaan) yang diberikan terhadap Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) dari Program Kemitraan PT. Jasa Marga periode 2009/2010.

Perlakuan (pembinaan) yang diberikan merupakan kebijaksanaan pemerintah dalam menumbuh kembangkan usaha kecil dan koperasi dalam bentuk, bantuan modal serta pembinaan manajemen usaha melalui program kemitraan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian evaluasi sumatif, yang dilaksanakan setelah program pembinaan dilakukan.

Sejauh mana program mempunyai nilai kemanfaatan terhadap responden, dievaluasi melalui 5 (lima) variabel yang diamati yaitu, sumberdaya manusia, manajemen produksi, administrasi keuangan, pemasaran serta motivasi dan rencana usaha.
Pengamatan dan pemantauan dilakukan terhadap 30 responden UKM, melalui kegiatan supervisi sebanyak 5 (lima) kali dalam kurun waktu 7 bulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberhasilan dan manfaat Program Kemitraan bukan hanya terletak pada besarnya jumlah pinjaman yang diberikan serta pelatihan yang dilakukan. Tetapi bagaimana memberikan wawasan bisnis dan motivasi usaha yang disampaikan secara kontinyu melalui supervisi yang dilakukan.

Supervisi 1 (pertama) dilaksanakan 2 (dua) bulan setelah diberikan pelatihan dan pinjaman. Hasil yang ditunjukkan dari variabel yang diamati tidak mengalami peningkatan yang diinginkan. Namun mulai supervisi ke 2 (dua) sampai dengan ke 5 (lima) terlihat adanya kemajuan yang berarti dalam pengelolaan dan wawasan bisnis. Hal ini dapat ditunjukkan pada peningkatan seluruh variabel yang diamati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar