Minggu, 28 Oktober 2012

Metode Riset BAB 1



TEMA PENULISAN: “STRATEGI PEMASARAN YANG DILAKUKAN PT. BLACKBERRY UNTUK MERAIH PANGSA PASAR DI DUNIA USAHA  DALAM RUANG LINGKUP KECIL DI WILAYAH GUNADARMA DEPOK’

BAB 1

PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang Masalah

Dalam dunia usaha pemasaran, sangat dibutuhkan suatu cara agar dapat memperoleh mutu dalam meraih pangsa pasar. Semakin banyaknya gadget di Indonesia sekarang ini, menunjukan semakin banyak perusahaan yang ingin bersaing menjadikan perusahaannya sebagai leader pangsa pasar. PT BlackBerry merupakan salah satu perusahaan gadget di Indonesia yang memperoleh mutu pangsa pasar yang baik dalam penjualannya. Karna di era globalisasi ini, manusia dituntut untuk mempunyai kemampuan mobilitas yang sangat tinggi, komunikasi juga diperlukan dalam sroses sosialisasi dan pemenuh kebutuhan hidup, sehingga gadget sangat diperlukan bagi kehidupan. BlackBerry sebagai salah satu merek produk dari sebuah produsen ponsel (sama halnya seperti Nokia, Sony Ericsson dan Motorola) yang dihasilkan oleh Research In Motion (RIM). Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Didirikan oleh seorang imigran Yunani dikotaWaterloo, Kanada. BlackBerry  adalah perangkat telepon genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, BlackBerry massanger, menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.
Banyaknya pesaing gadget ternama lainnya menjadikan direktur perusahaan PT. BlackBerry berfikir keras dalam memilih strategi pesaing yang dibutuhkan, khususnya dibidang pemasaran tepat agar meningkatkan penjualan tercapai dengan optimal. Dalam ruang lingkum kecil mahasiawa dapat berpengaruh besar terhadap ruang lingkup perusahaan.
Berdasarkan uraian diatas penulis terdorong untuk melakukan penelitian serta menyusun penulisan ilmiah dengan judul “Strategi Pemasaran yang dilakukan PT BlackBerry untuk Meraih Pangsa Pasar Di Dunia Usaha dalam ruang lingkup kecil di wilayah gunadarma depok”

1.2 Rumusan Masalah:
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat diambil suatu perumusan masalah dalam penelitian ini yang dianggap penting yaitu:
1.       Strategi apa yang digunakan oleh PT BlackBerry dalam meraih pangsa pasar di dunia kecil lingkungan mahasiswa ?
2.       Ancaman serta faktor apa saja yang mungkin dihadapi dalam proses pemasaran?

1.2.1 Batasan Masalah:
Dari semua rumusan masalah yang telah diuraikan oleh penulis, penulis membatasi masalah apa saja yang diambil dalam penentuan ilmiah kali ini yaitu:
1.       Strategi pemasaran PT. BlackBerry dalam mempromosikan produknya di kawasan gunadarma depok.
2.       Ancaman yang biasa dihadapi PT. BlackBerry dalam memasarkan produknya.

1.3 Tujuan Penelitian :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis  bagaimana proses strategi yang dilakukan PT. BlackBerry untuk memasarkan produknya pada mahasiswa gunadarma depok agar lebih optimal lagi dan tetap menjadi pangsa pasar yang baik.

1.3.1 Manfaat Penelitian:
Adapun manfaat penelitian ini adalah:
Manfaat Akademis 
Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan, pengetahuan, informasi atau masukan terhadap mahasiswa, serta lebih memahami lebih dalam lagi tetntang cara menerapkan strategi pemasaran terhadap penjualan.

Manfaat Perusahaan
Sebagai sumbangan informasi dalam perbaikan strategi pemasaran agar lebih sesuai dengan tingkat perilaku konsumen sehingga tetap menjadikan sebagai pangsa pasar dunia

Manfaat Praktis
Penelitian ini diharapkan dapat memberi referensi maupun sumbangan informasi serta pemikiran bagi pihak perusahaan/toko dalam perbaikan strategi pemasaran dan untuk dapat menentukan kebijakan dalam mengambil keputusan khususnya dalam pengambilan strategi bersaing, guna memajukan dan meningkatkan penjualan dan pengembangan usaha secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar