Pemasaran (Marketing)
Pemasaran
(marketing) merupakan sebuah konsep ilmu dalam strategi bisnis yang bertujuan
untuk mencapai kepuasan berkelanjutan bagi stakeholder (pelanggan, karyawan,
pemegang saham). Sebagai ilmu, marketing merupakan ilmu pengetahuan yang
objektif, yang di peroleh dengan menggunakan instrument-instrumen tertentu
untuk mengukur kinerja dari aktifitas bisnis dalam membentuk, mengembangkan,
mengarahkan, pertukaran yang saling menguntungkan dalam jangka panjang antara
produsen dan konsumen atau pemakai. Sebagai strategi bisnism marketing
merupakan tindakan penyesuaian suatu organisasi yang berorientasi pasar dalam
menghadapi kanyataan bisnis, baik dalam lingkungan mikro maupun lingkungan
makro yang terus berubah.
Pasar sekarang
berubah sangat cepat pelanggan sangat sensitif terhadap harga, competitor baru
bermunculan, saluran distribusi baru dan saluran kamunikasi baru juga semakin
canggih internet, teleconforrence dan teknologi yang mendukung pasar menjadi
pendukung bangkitnya otomasi perusahaan dan pemasaran.
Agar setiap perusahaan dapat
bertahan hidup, maka perusahaan harus selalu berupaya:
- Menjadikan pemasaran sebagai konsep strategi bisnis yang mampu melakukan tindakan penyesuaian terhadap kondisi lingkungan yang terus berubah: bertujuan agar perusahaan dapat mangatasi persaingan, mencegah merosotnya pangsa pasar, stagnasi, dan mencegah kebangkrutan.
- Secara trus-menerus perlu melakukan kali ulang, penyesuaian , dan mentransformasikan dimensi-dimensi perubahan, sustainable, dan enterprise untuk mendorong penciptaan nilai yang trukur bagi stakeholder.
Sejumlah konsep pemasaran yang
dapat didefinisikan setidaknya adalah :
·
Pendekatan berosientasi pengalaman (experiential
oriented approach) adalah pendekatan yang dibangun berdasarkan pengalaman
pelanggan yang bersifat rasional emosional dalam mengkonsumsi produk.: sense
marketing, emotional marketing, cognitive marketing, action marketing
relationship marketing, integrated marketing.
·
Pendekatan berorientasi konsumen (costumer oriented
approach) adalah seperti konsep pemasaran modern yang mempunyai pengertian
konsep yang menganut paham bahwa kegiatan pemasaran dijalankan dengan orientasi
pada konsumen atau pelanggan.
·
Pendekatan berorientasi pasar ( market oriented approach)
pendakata ini pada dasarnya merupakan peralihan dari konsep produk ke konsep
yang beroroentasi pasar, diyakini sebagai upaya pemasaran untuk mengendalikan
atau mencegah terjadinya penurunan penjualan.
·
Pendekatan filosofis, pemasaran yang
berorientasi pada kemampuan perusahaan yang memberikan kepuasan terhadap
keonginan dan kebutuhan pelanggan atau konsumen, kegiatan meliputi personalia,
produksi, keuangan, riset, dan pengembangan serta fungsi-fungsi lainnya.
·
Pendekatan institusional adalah parameter
pemasaran makdunya dalam pendekatan ini, proses kajiannya adalah bagaimana
sebuah perusahaan dapat memperoleh keuntungan dengan mengoptimalkan parameter
produk, biaya, promosi, dan distribusi.
·
Pendekatan teoritis, dalam pendekatan ini bahwa
marketing memiliki sebuah argumentasi teoritis yang menjelaskan realities bisnis
bahwa berorientasi pada produk yang mengaruh pada penurunan dan berorientasi
pada pasar akan mencegah penurunan
Dalam sebuah
pemasaran harus memiliki proses perencanaan pemasaran, para pakar marketing
yakin bahwa perencanaan pemasaran yang baik akan membimbing kegiatan dalam
setiap tahapan yang seharusnya dilakukan oleh pemasar dalam memenuhi kebutuhan
dan keinginan pasar sasaran.
Dengan
perencanaan pemasaran yang tepat, marketer akan mampu memperpanjang nilai bagi
seumur hidup pelanggan, agar mereka menjadi setia. Perencanaan pemasaran
semacam ini biasanya berusaha mengintegrasikan setiap elemen pemasaran. Macam perencanaan
nya ialah :
1. Analisis peluang pemasaran
·
Desain strategi pemasaran
·
Merumuskan program pemasaran
·
Target penjualan
·
Anggaran pemasaran
·
Penetapan harga
·
Alokasi bauran pemasaran
2. Jenjang
perencanaan pemasaran
·
Perencanaan pemasaran jenjang korporat
·
Pemasaran jenjang unit bisnis strategic
·
Pemasaran jenjang operasi fungsional
3. Analisis
lingkungan pemasaran
·
Kemampuan internal : pasar, demografi, kondisi
ekonomi, factor social budaya, politik dan hokum, teknologi, lingkingan fisik,
teknologi, lingkungan fisik, lingkungan mikro, pemasol, peramtara pemasaran,
pelanggan, prilaku konsumen, pesaing, piblick,
4. Analisis
peluang pemasaran
5. Analisis
ancaman
6. Analisis
daya tarik pasar
Ref : Ali Hasan, S.E.,M.M. 2008. “MARKETING”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar