Selasa, 09 Oktober 2012

"MARKETING"


Pemasaran (Marketing)

Pemasaran (marketing) merupakan sebuah konsep ilmu dalam strategi bisnis yang bertujuan untuk mencapai kepuasan berkelanjutan bagi stakeholder (pelanggan, karyawan, pemegang saham). Sebagai ilmu, marketing merupakan ilmu pengetahuan yang objektif, yang di peroleh dengan menggunakan instrument-instrumen tertentu untuk mengukur kinerja dari aktifitas bisnis dalam membentuk, mengembangkan, mengarahkan, pertukaran yang saling menguntungkan dalam jangka panjang antara produsen dan konsumen atau pemakai. Sebagai strategi bisnism marketing merupakan tindakan penyesuaian suatu organisasi yang berorientasi pasar dalam menghadapi kanyataan bisnis, baik dalam lingkungan mikro maupun lingkungan makro yang terus berubah.

Pasar sekarang berubah sangat cepat pelanggan sangat sensitif terhadap harga, competitor baru bermunculan, saluran distribusi baru dan saluran kamunikasi baru juga semakin canggih internet, teleconforrence dan teknologi yang mendukung pasar menjadi pendukung bangkitnya otomasi perusahaan dan pemasaran.

Agar setiap perusahaan dapat bertahan hidup, maka perusahaan harus selalu berupaya:
  • Menjadikan pemasaran sebagai konsep strategi bisnis yang mampu melakukan tindakan penyesuaian terhadap kondisi lingkungan yang terus berubah: bertujuan agar perusahaan dapat mangatasi persaingan, mencegah merosotnya pangsa pasar, stagnasi, dan mencegah kebangkrutan.
  • Secara trus-menerus perlu melakukan kali ulang, penyesuaian , dan mentransformasikan dimensi-dimensi perubahan, sustainable, dan enterprise untuk mendorong penciptaan nilai yang trukur bagi stakeholder.

Sejumlah konsep pemasaran yang dapat didefinisikan setidaknya adalah :
·         Pendekatan berosientasi pengalaman (experiential oriented approach) adalah pendekatan yang dibangun berdasarkan pengalaman pelanggan yang bersifat rasional emosional dalam mengkonsumsi produk.: sense marketing, emotional marketing, cognitive marketing, action marketing relationship marketing, integrated marketing.
·         Pendekatan berorientasi konsumen (costumer oriented approach) adalah seperti konsep pemasaran modern yang mempunyai pengertian konsep yang menganut paham bahwa kegiatan pemasaran dijalankan dengan orientasi pada konsumen atau pelanggan.
·         Pendekatan berorientasi pasar ( market oriented approach) pendakata ini pada dasarnya merupakan peralihan dari konsep produk ke konsep yang beroroentasi pasar, diyakini sebagai upaya pemasaran untuk mengendalikan atau mencegah terjadinya penurunan penjualan.
·         Pendekatan filosofis, pemasaran yang berorientasi pada kemampuan perusahaan yang memberikan kepuasan terhadap keonginan dan kebutuhan pelanggan atau konsumen, kegiatan meliputi personalia, produksi, keuangan, riset, dan pengembangan serta fungsi-fungsi lainnya.
·         Pendekatan institusional adalah parameter pemasaran makdunya dalam pendekatan ini, proses kajiannya adalah bagaimana sebuah perusahaan dapat memperoleh keuntungan dengan mengoptimalkan parameter produk, biaya, promosi, dan distribusi.
·         Pendekatan teoritis, dalam pendekatan ini bahwa marketing memiliki sebuah argumentasi teoritis yang menjelaskan realities bisnis bahwa berorientasi pada produk yang mengaruh pada penurunan dan berorientasi pada pasar akan mencegah penurunan

Dalam sebuah pemasaran harus memiliki proses perencanaan pemasaran, para pakar marketing yakin bahwa perencanaan pemasaran yang baik akan membimbing kegiatan dalam setiap tahapan yang seharusnya dilakukan oleh pemasar dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.

Dengan perencanaan pemasaran yang tepat, marketer akan mampu memperpanjang nilai bagi seumur hidup pelanggan, agar mereka menjadi setia. Perencanaan pemasaran semacam ini biasanya berusaha mengintegrasikan setiap elemen pemasaran. Macam perencanaan nya ialah :
      1. Analisis peluang pemasaran
·         Desain strategi pemasaran
·         Merumuskan program pemasaran
·         Target penjualan
·         Anggaran pemasaran
·         Penetapan harga
·         Alokasi bauran pemasaran
2. Jenjang perencanaan pemasaran
·         Perencanaan pemasaran jenjang korporat
·         Pemasaran jenjang unit bisnis strategic
·         Pemasaran jenjang operasi fungsional
3. Analisis lingkungan pemasaran
·         Kemampuan internal : pasar, demografi, kondisi ekonomi, factor social budaya, politik dan hokum, teknologi, lingkingan fisik, teknologi, lingkungan fisik, lingkungan mikro, pemasol, peramtara pemasaran, pelanggan, prilaku konsumen, pesaing, piblick,
4. Analisis peluang pemasaran
5. Analisis ancaman
6. Analisis daya tarik pasar

Ref : Ali Hasan, S.E.,M.M. 2008. “MARKETING”

1 komentar:

  1. Hei friend, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, Studentsite studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link inihttp://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus