TEMA PENULISAN: “STRATEGI PEMASARAN
YANG DILAKUKAN PT. BLACKBERRY UNTUK MERAIH PANGSA PASAR DI DUNIA USAHA DALAM RUANG LINGKUP KECIL DI WILAYAH GUNADARMA
DEPOK’
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang Masalah
Dalam dunia
usaha pemasaran, sangat dibutuhkan suatu cara agar dapat memperoleh mutu dalam
meraih pangsa pasar. Semakin banyaknya gadget di Indonesia sekarang ini,
menunjukan semakin banyak perusahaan yang ingin bersaing menjadikan perusahaannya
sebagai leader pangsa pasar. PT BlackBerry merupakan salah satu perusahaan
gadget di Indonesia yang memperoleh mutu pangsa pasar yang baik dalam
penjualannya. Karna di era globalisasi ini, manusia dituntut untuk mempunyai
kemampuan mobilitas yang sangat tinggi, komunikasi juga diperlukan dalam sroses
sosialisasi dan pemenuh kebutuhan hidup, sehingga gadget sangat diperlukan bagi
kehidupan. BlackBerry sebagai salah satu merek produk dari sebuah
produsen ponsel (sama halnya seperti Nokia, Sony Ericsson dan Motorola) yang
dihasilkan oleh Research In Motion (RIM). Blackberry pertama kali diperkenalkan
pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Didirikan
oleh seorang imigran Yunani dikotaWaterloo, Kanada. BlackBerry adalah
perangkat telepon genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail,
telepon selular, sms, faksimili Internet, BlackBerry massanger, menjelajah
Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.
Banyaknya pesaing
gadget ternama lainnya menjadikan direktur perusahaan PT. BlackBerry berfikir
keras dalam memilih strategi pesaing yang dibutuhkan, khususnya dibidang
pemasaran tepat agar meningkatkan penjualan tercapai dengan optimal. Dalam ruang lingkum kecil
mahasiawa dapat berpengaruh besar terhadap ruang lingkup perusahaan.
Berdasarkan uraian diatas penulis terdorong untuk melakukan penelitian
serta menyusun penulisan ilmiah dengan judul “Strategi Pemasaran yang dilakukan PT BlackBerry
untuk Meraih Pangsa Pasar Di Dunia Usaha dalam ruang lingkup kecil di wilayah
gunadarma depok”
1.2 Rumusan Masalah:
Berdasarkan latar belakang yang
telah diuraikan sebelumnya, maka dapat diambil suatu perumusan masalah dalam
penelitian ini yang dianggap penting yaitu:
1. Strategi apa yang digunakan oleh PT BlackBerry dalam meraih pangsa
pasar di dunia kecil lingkungan mahasiswa ?
2. Ancaman serta faktor apa saja yang mungkin dihadapi dalam proses
pemasaran?
1.2.1 Batasan Masalah:
Dari semua
rumusan masalah yang telah diuraikan oleh penulis, penulis membatasi masalah
apa saja yang diambil dalam penentuan ilmiah kali ini yaitu:
1. Strategi pemasaran PT. BlackBerry dalam mempromosikan produknya di
kawasan gunadarma depok.
2. Ancaman yang biasa dihadapi PT. BlackBerry dalam memasarkan produknya.
1.3 Tujuan Penelitian :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
dan menganalisis bagaimana proses strategi yang dilakukan PT. BlackBerry
untuk memasarkan produknya pada mahasiswa gunadarma depok agar lebih optimal
lagi dan tetap menjadi pangsa pasar yang baik.
1.3.1 Manfaat Penelitian:
Adapun manfaat penelitian ini
adalah:
Manfaat Akademis
Diharapkan penelitian ini dapat
bermanfaat dalam menambah wawasan, pengetahuan, informasi atau masukan terhadap
mahasiswa, serta lebih memahami lebih dalam lagi tetntang cara menerapkan
strategi pemasaran terhadap penjualan.
Manfaat Perusahaan
Sebagai sumbangan informasi dalam
perbaikan strategi pemasaran agar lebih sesuai dengan tingkat perilaku konsumen
sehingga tetap menjadikan sebagai pangsa pasar dunia
Manfaat Praktis
Penelitian ini diharapkan dapat memberi
referensi maupun sumbangan informasi serta pemikiran bagi pihak perusahaan/toko
dalam perbaikan strategi pemasaran dan untuk dapat menentukan kebijakan dalam
mengambil keputusan khususnya dalam pengambilan strategi bersaing, guna
memajukan dan meningkatkan penjualan dan pengembangan usaha secara optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar