Judul :
STRATEGI PEMASARAN
ALFAMART DALAM MERAIH PANGSA PASAR DI DUNIA USAHA
Pengarang:
Purubaya
Tahun :
2012
Latar
Belakang:
Di
masa yang sangat erat dalam dunia pemasaran dibutuhkan suatu cara yang dapat
memperoleh mutu dalam meraih pangsa pasar. Semakin menjamurnya bisnis waralaba
di Indonesia dewasa sekarang ini, menunjukan semakin banyak masyarakat memilih
untuk berbelanja di tempat yang nyaman, bersih dan juga pelayanan yang baik.
Salah satunya adalah Alfamart, yaitu sebuah waralaba minimarket yang
menyediakan produk kebutuhan sehari-hari masyarakat.
Melihat
dari besarnya kesempatan bisnis dalam meraih pasar di bidang penjualan produk
kebutuhan sehari-hari tersebut dan juga adanya persaingan yang ketat dengan
waralaba sejenis, maka diperlukan strategi bersaing, khususnya di bidang
pemasaran tepat. Mengingat tempat/lokasi strategis yang mungkin menjadi salah
satu yang dapat menentukan bisnis tersebut, agar tujuan perusahaan untuk
meningkatkan penjualan tercapai dengan optimal.
Dengan
dasar alasan tersebut, penulis tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang
strategi pemasaran Alfamart dalam penjualan dan promosi produk-produknya. Dan
untuk maksud alasan tersebut maka penulis ingin melakukan penulisan ilmiah yang
akan di beri judul dengan nama:
“STRATEGI
PEMASARAN ALFAMART DALAM MERAIH PANGSA PASAR DI DUNIA USAHA”
Rumusan Masalah:
Berdasarkan
dari semua maksud dan alasan dari latar belakang yang telah diuraikan
sebelumnya diatas oleh penulis, hingga di dapat sebuah perumusan masalah yang
akan dibahas adalah :
a)
Strategi pemasaran apakah yang diterapkan Alfamart untuk menarik konsumen ?
b)
Faktor dan ancaman apa saja yang dihadapi Alfamart dalam melakukukan promosi
penjualan dan pemasarannya ?
Tujuan
Peneliian:
Adapun
tujuan dari penelitian dari penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui
pelaksanaan dan proses bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Alfamart
untuk menarik konsumen, untuk menganalisa bagaimana ancaman dan faktor utama
yang dihadapi Alfamart dalam persaingan promosi penjualan produknya dan langkah
apa yang diambil Alfamart untuk memasarkan produknya lebih optimal lagi.
Metedologi Penelitian:
Penulisan ilmiah
ini disusun dengan acuan beberapa metode diantaranya adalah :
Objek utama
penelitian ini adalah di Alfamart Kemang Pratama 2 yang terletak di Jalan Raya
Kemang Pratama Raya, Bekasi Selatan.Dalam penulisan ilmiah ini, data yang
digunakan oleh penulis adalah data primer dan data sekunder. Data primer
merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber
asli (tidak melalui media perantara).
Data primer dalam
penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan
karyawan dan pemiliknya, yang penulis lakukan dengan cara mengikuti dan
mengamati proses pekerjaan yang dilakukan di dalam minimarket Alfamart.
Sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku-buku serta situs-situs resmi
yang mendukung pembahasan dalam penelitian ini.
Untuk mendapatkan
data atau informasi yang dibutuhkan dalam penulisan ilmiah ini penulis
memperoleh data dari:
- Studi Lapangan
Wawancara:
diperlukan dalam rangka melengkapi data dengan mengajukan pertanyaan kepada
pemilik dan karyawan minimarket Alfamart Kemang Pratama 2.
- Studi Pustaka
Penulis
mengumpulkan data dari kumpulan catatan penulis serta buku-buku yang berkaitan
dengan pemasaran dan penelitian ini.
Alat analisis yang
digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah dengan menggunakan media yang
diterapkan langsung oleh minimarket Alfamart.
Kesimpulan :
Analisis Strategi
Pemasaran merupakan salah satu alatyang digunakan untuk menganalisa dan mengetahui bagaimana suatu perusahaan untuk
melakukan upaya-upaya dalam memasarkan produk-produknya. Dalam pembahasan ini
setiap strategi yang dilaksanakan Alfamart dapat dikatakan cukup berhasil.
Keberhasilan tersebut dapat terlihat pada banyaknya produk yang telah terjual.
http://purubaya92.wordpress.com/2012/04/06/strategi-pemasaran-alfamart-dalam-meraih-pangsa-pasar-di-dunia-usaha/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar