Analisis Jurnal
1
Judul :
TINGKAT
KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA BENGKEL MOTOR YOGIS DI CILANDAK
Pengarang :
Anggi
Yuli Martuka ( Fakultas Universitas Gunadarma)
Tahun :
2009
Latar Belakang :
Di
saat krisis ekonomi yang tengah melanda Indonesia, hampir semua masyarakat
merasakan dampak pengaruhnya.. Kondisi seperti inilah yang mendorong masyarakat
untuk berinisiatif mendirikan usaha kecil. Khususnya usaha bengkel dibidang
otomotif
Dalam pengembangan suatu usaha dibutuhkan sistim pemasaran yang tepat. Pemasaran merupakan salah satu unsur terpenting dalam kegiatan usaha bengkel motor.
Judul yang diangkat dalam penulisan ilmiah ini adalah “TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA BENGKEL MOTOR YOGIS DI CILANDAK“
Dalam pengembangan suatu usaha dibutuhkan sistim pemasaran yang tepat. Pemasaran merupakan salah satu unsur terpenting dalam kegiatan usaha bengkel motor.
Judul yang diangkat dalam penulisan ilmiah ini adalah “TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA BENGKEL MOTOR YOGIS DI CILANDAK“
Perumusan
Masalah & Batasan Masalah :
Rumusan
Masalah
Apakah konsumen puas terhadap pelayanan yang diberikan bengkel motor Yogis di Cilandak ?
Batasan Masalah
Dengan menggunakan kuisioner sebanyak 50 responden yang diberikan pada tanggal 25 maret s/d 2 april 2009, dengan menggunakan skala linkert dan metode Chi Square (c²) sebagai alat analisis.
Apakah konsumen puas terhadap pelayanan yang diberikan bengkel motor Yogis di Cilandak ?
Batasan Masalah
Dengan menggunakan kuisioner sebanyak 50 responden yang diberikan pada tanggal 25 maret s/d 2 april 2009, dengan menggunakan skala linkert dan metode Chi Square (c²) sebagai alat analisis.
Tujuan
Penelitian :
untuk
mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan bengkel
motor Yogis di Cilandak.
Metodologi
Penelitian :
.1
Objek Penelitian
adalah bengkel motor Yogis yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa, yang terletak di JL. BDN I No.24 Jakarta Selatan
adalah bengkel motor Yogis yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa, yang terletak di JL. BDN I No.24 Jakarta Selatan
2.Data
Yang digunakan
adalah data Primer, yaitu data yang didapat langsung dari pihak yang bersangkutan.
adalah data Primer, yaitu data yang didapat langsung dari pihak yang bersangkutan.
3 Metode
Pengumpulan Data / Variabel
Wawancara, Observasi, Kuisioner
Wawancara, Observasi, Kuisioner
4Hipotesis
Ho = Konsumen merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh bengkel motor Yogis di Cilandak.
Ha = Konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh bengkel motor Yogis di Cilandak.
Ho = Konsumen merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh bengkel motor Yogis di Cilandak.
Ha = Konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh bengkel motor Yogis di Cilandak.
5 Alat
Analisis Yang digunakan : 5.1 Chi Square, 5.2 Uji Skala Linkert
Kesimpulan :
Berdasarkan hasil perhitungan tingkat kepuasan konsumen terhadap
pelayanan Bengkel Motor Yogis di Cilandak melalui kuisioner yang diberikan,
maka penulis membuat kesimpulan sebagai berikut :
1.Berdasarkan pengukuran skala linkert, maka dapat diketahui bahwa dari 14 pernyataan yang diukur, tingkat kepuasan terletak pada interprestasi sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas..
2.Berdasarkan hasil perhitungan chi square, maka dapat diketahui bahwa nilai hitung c² 161,20 lebih besar dari pada nilai tabel c² 0,05 ; 12 = 21,0261 dimana hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan Ho ditolak yang berarti pelanggan merasa puas pada keseluruhan dimensi. Dan dari hasil perhitungan chi square tiap – tiap dimensi yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh bengkel motor yogis di Cilandak. Hal ini dapat dilihat dari nilai c² hitung masing – masing dimensi lebih besar dai nilai c² tabel.
1.Berdasarkan pengukuran skala linkert, maka dapat diketahui bahwa dari 14 pernyataan yang diukur, tingkat kepuasan terletak pada interprestasi sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas..
2.Berdasarkan hasil perhitungan chi square, maka dapat diketahui bahwa nilai hitung c² 161,20 lebih besar dari pada nilai tabel c² 0,05 ; 12 = 21,0261 dimana hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan Ho ditolak yang berarti pelanggan merasa puas pada keseluruhan dimensi. Dan dari hasil perhitungan chi square tiap – tiap dimensi yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh bengkel motor yogis di Cilandak. Hal ini dapat dilihat dari nilai c² hitung masing – masing dimensi lebih besar dai nilai c² tabel.
Ref : http://anggi-indonesiamuda.blogspot.com/2009_10_01_archive.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar