Judul :
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MERK BLACKBERRY
Pengarang:
Andy Septiyan Wibisono
Tahun:
2012
Latar Belakang:
Di
era globalisasi ini, manusia dituntut untuk mempunyai kemampuan mobilitas yang
sangat tinggi. Seiring dengan hal ini kebutuhan akan teknologi informasi dan
Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting. Karena dengan adanya
komunikasi, manusia dapat melakukan interaksi dengan sesama manusia. Selain itu
komunikasi juga diperlukan sebagai proses sosialisasi dan pemenuh kebutuhan
hidup, sehingga untuk dapat melancarkan proses komunikasi tersebut maka
diperlukan adanya suatu alat atau teknologi sebagai perantara dalam
berkomunikasi seperti teknologi telepon seluler. Teknologi seluler saat ini
mengalami peningkatan yang sangat pesat, telepon seluler tidak lagi sebagai
sarana komunikasi jarak jauh saja. Akan tetapi produk telephone selular
dituntut untuk dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, hiburan bagi para
penggunanya seperti: Koneksi internet, email, social networking,
streaming, musik, video, mobile tv, games dan fitur-fitur lainnya kini menjadi
andalan para produsen. Di sisi lain para konsumen dihadapkan pada
berbagai macam pilihan produk yang masing-masing berlomba melakukan inovasi
produk dengan tipe, model dan teknologinya yang disesuaikan dengan kebutuhan
profesi, gaya hidup dan minat atau hobi penggunanya.
BlackBerry
sebagai salah satu merek produk dari sebuah produsen ponsel (sama halnya
seperti Nokia, Sony Ericsson dan Motorola) yang dihasilkan oleh Research In
Motion (RIM). Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh
perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Didirikan oleh seorang imigran
Yunani dikotaWaterloo, Kanada. BlackBerry adalah perangkat telepon
genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular,
sms, faksimili Internet, BlackBerry massanger, menjelajah Internet, dan
berbagai kemampuan nirkabel lainnya.
Keistimewaan
BlackBerry terutama terletak pada layanan push e-mailnya. Sederhananya
dengan layanan ini pelanggan dapat menerima email secepat dan semudah menerima
SMS (pesan singkat). Email yang berukuran asli 1 Mb jika diterima dengan
fasilitas push e-mail BlackBerry bisa menjadi 10 kb dengan isi yang
tetap, BlackBerry juga bisa dengan mudah menampilkan lampiran file yang
berformat PDF ataupun microsoft office seperti microsoft word,
microsoft excel dan power point.
Blackberry
mulai digemari konsumen sejak pertama kali diperkenalkan diIndonesiapada
pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub.
Blackberry sekarang sudah mengalami perningkatan penjualan yang sangat pesat
dan digemari di Indonesia, di berbagai toko handphone dipusat pembelanjaan kini
banyak yang menjual jenis ponsel produk ini. Penggunaan gadget canggih jenis
ini sangat fenomenal, BlackBerry saat ini sudah tidak lagi untuk sekedar
memenuhi kebutuhan komunikasi dan informasi saja akan tetapi sudah melebar ke
gaya hidup, karna memberikan kesan tren gaya hidup terkini dan metropolis.
Dari
hasil uraian dari latar belakang, penulis tertarik untuk mengetahui lebih
mendalam tentang perilaku konsumen dalam membeli produk handphone merek
BlackBerry, dan untuk maksud tersebut maka penulis inggin mencoba
membahas masalah ini sebagai objek dalam penulisan ilmiah, dengan judul;
”ANALISIS
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN
HANDPHONE MERK BLACKBERRY”
Rumusan Masalah:
Berdasarkan
latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat diambil suatu
perumusan masalah dalam penelitian ini yang dianggap penting yaitu:
“Faktor-faktor
apa yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli handphone
merk Blackberry”
Tujuan Penelitian:
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis factor-faktor yang
mempengaruhi terhadap keputusan pembelian produk handphone merek
BlackBerry pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma,Bekasi.
Metedologi Penelitian:
1.
Objek Penelitian
2.
Data yang digunakan
3.
Hipotesis
4.
Alat Analisis yang digunakan
Kesimpulan:
Dari
pembahasan diatas telah didapatkan beberapa kesimpulan mengenai faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pemilihan produk.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan konsumen tersebut, sebagai berikut :
- Kebudayaan.
Kebudayaan
ini sifatnya sangat luas, dan menyangkut segala aspek kehidupan manusia.
Kebudayaan adalah simbul dan fakta yang kompleks, yang diciptakan oleh manusia,
diturunkan dari generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur tingkah laku
manusia dalam masyarakat yang ada.
- Kelas sosial.
Pembagian
masyarakat ke dalam golongan/ kelompok berdasarkan pertimbangan tertentu, misal
tingkat pendapatan, macam perumahan, dan lokasi tempat tinggal.
- Kelompok
referensi kecil. Kelompok ‘kecil’ di sekitar individu yang menjadi rujukan bagaimana seseorang harus bersikap dan bertingkah laku, termasuk dalam tingkah laku pembelian, misal kelompok keagamaan, kelompok kerja, kelompok pertemanan, dll. - Keluarga.
Lingkungan inti dimana seseorang hidup dan berkembang, terdiri dari ayah, ibu dan anak. Dalam keluarga perlu dicermati pola perilaku pembelian yang menyangkut:
- Siapa yang mempengaruhi keputusan untuk membeli.
-
Siapa yang membuat keputusan untuk membeli.
-
Siapa yang melakukan pembelian.
-
Siapa pemakai produknya.
- Pengalaman.
Berbagai informasi sebelumnya yang diperoleh seseorang yang akan mempengaruhi perilaku selanjutnya. - Kepribadian
Kepribadian dapat didefinisikan sebagai pola sifat individu yang dapat menentukan tanggapan untuk beringkah laku. - Sikap dan kepercayaan.
Sikap
adalah suatu kecenderungan yang dipelajari untuk bereaksi terhadap penawaran
produk dalam masalah yang baik ataupun kurang baik secara konsisten.
Kepercayaan adalah keyakinan seseorang terhadap nilai-nilai tertentu yang akan
mempengaruhi perilakunya.
- Konsep diri.
Konsep
diri merupakan cara bagi seseorang untuk melihat dirinya sendiri, dan pada saat
yang sama ia mempunyai gambaran tentang diri orang lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar